Jawaban Anggi Irawati dari Pertanyaan Apakah rumah adalah investasi yang baik? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Investasi rumah kontrakan bagus. 

Jika kamu seorang karyawan, mungkin kamu puas dengan penghasilan atau gaji setiap bulan. Namun, mungkin kamu sadar bahwa pekerjaanmu saat ini hanya mampu menghidupi kebutuhan sehari-hari saja. 

Untuk itu, kamu bisa melirik investasi properti. Pilihan investasi properti untuk menanamkan uang dinilai menjadi pilihan yang tepat karena permintaannya terus melonjak tajam. Rendahnya suku bunga acuan Bank Indonesia membuat investasi pada sektor properti menjadi salah satu pilihan masyarakat saat ini.

Dikutip dari Cermati, kali ini akan dibahas mengenai untung rugi investasi di rumah kontrakan. Anda bisa mendapatkan pendapatan secara pasif untuk setiap periode bulan atau tahun. Lahan sewa untuk perkantoran atau ruko memang strategis. Namun, jika modal kamu belum mencukupi, mulailah dengan rumah kontrakan untuk tempat tinggal. Hal itu paling realistis jika kamu adalah seorang pemula dan memulai dari bawah.

Data pemerintah pada 2014 menunjukkan masih adanya 15 juta orang membutuhkan tempat tinggal. Indonesia sendiri sedang mengalami backlog. Artinya, terdapat kesenjangan antara kebutuhan rumah dengan ketersediaan rumah. Masih banyak orang yang belum dapat memenuhi kebutuhan primer ini. Untuk itu, mereka akan tinggal di tempat sementara seperti kos-kosan, rumah kontrakan, ataupun sejenisnya.

Ini karena harga sewa rumah kontrakan hampir selalu meningkat tiap tahun

Seiring meningkatnya harga pasaran rumah, harga sewa rumahmu juga sebenarnya meningkat. Harga sewa rumahmu tidak kurang dari 5 persen dari harga jual rumahmu. 

Jadi jika rumahmu, misalnya, dijual seharga Rp 500 juta, maka harga sewa yang pantas adalah Rp 25 juta tiap tahunnya. Ketika harga rumah meningkat tiap tahunnya, harga sewa juga diharapkan akan meningkat. 

Peningkatan harga rumah ini bisa sebesar 10 persen sampai 15 persen tiap tahunnya. Namun, ini bukan hitungan yang pasti, semua tergantung pada lokasi, kondisi rumah, dan perencanaan daerah di sana

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Investasi, dan Rumah.

Advertisements