Jawaban Adam Setiadi dari Pertanyaan Apa sekolah bisnis atau magister manajemen atau MBA terbaik di Indonesia? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Banyak kolega melihat IPMI, Prasetiya Mulya dan PPM kurikulumnya lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Dan Magister Manajemen Universitas Indonesia lebih cenderung ke arah akademis dan text book based. 

Kalau saya lebih pilih yang deket dengan tempat kerja karena saya rasa kurang lebih sama saja. Pada akhirnya kesuksesan di masa depan tergantung dengan individu masing-masing. 

Sedikit testimoni buat prasetiya mulya. 

Metode pengajaran di prasetiya mulya sangat bervariasi, seperti kuliah, diskusi dan analisis kasus, simulasi bisnis, tugas perorangan maupun tugas kelompok, karya wisata, survei lapangan, riset pasar, pembicara tamu, rencana bisnis sehingga memberikan banyak sekali wawasan dan inspirasi dari dunia bisnis. Keterampilan khusus yang diperlukan dalam bisnis, seperti menulis laporan efektif, teknik presentasi, serta keterampilan komunikasi bisnis lainnya diberikan dalam bahasa inggris, sisdur dalam organisasi, dan etika bisnis, juga diberikan dalam program ini. Variasi ini ditujukan agar peserta dapat menyerap semua pengetahuan dan keterampilan secara lebih efektif, sehingga memiliki nilai tambah dalam meniti kariernya di dunia bisnis.

Proses interaksi antar sesama peserta dan interaksi antara peserta dengan pengajar, sangat diutamakan. Proses ini mendapat bobot yang cukup besar dalam penilaian, karena bertujuan untuk mematangkan keterampilan komunikasi serta tukar menukar pengalaman yang akan saling memperkaya pengetahuan peserta. Terlebih lagi, Prasetiya Mulya School of Business and Economics mendorong untuk mengembangkan kreatifitas di bidang bisnis.

Bahasa pengantar dalam kelas adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk keterampilan Eksekutif. Walaupun demikian penguasaan Bahasa Inggris diutamakan, mengingat sebagian besar kepustakaan dalam Bahasa Inggris. Demi keberhasilan program, peserta wajib menguasai penggunaan komputer secara aktif, terutama word processing, spread sheet dan software untuk presentasi.

Simulasi Bisnis merupakan salah satu metode pelatihan manajemen dengan menggunakan prinsip “learning by doing”. Dalam simulasi bisnis peserta dibagi dalam kelompok-kelompok yang mewakili beberapa perusahaan yang saling bersaing. Dalam simulasi bisnis peserta berkesempatan menerapkan dan menguji konsep-konsep manajemen yang telah dipelajarinya sekaligus mengasah “sense of business“-nya.

Untuk memperoleh gelar MM, sebagai karya tulis akhir peserta diwajibkan menyusun Rencana Bisnis (Business Plan) yang harus dipertahankan di depan sidang Dewan Penguji Ujian Komprehensif MM Reguler Prasetiya Mulya.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Rekomendasi, Pendidikan, dan Perguruan Tinggi.

Advertisements