Jawaban Andika Prasetyo dari Pertanyaan Apa sekolah bisnis atau magister manajemen atau MBA terbaik di Indonesia? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Ini topik yang udah banyak dibahas di blog dan forum lain. 

Saya pernah baca salah satu artikel, beberapa faktor utama seseorang memilih sekolah MBA: Reputasi, Akreditasi, Ranking (pemeringkatan), Kurikulum, dan karir setelah lulus sekolah. Word of Mouth (referensi) dan kesuksesan para alumninya menggambarkan tingkat reputasi sebuah kampus. 

Untuk akreditasi dan kurikulum, kita dapat melihatnya di website masing-masing sekolah bisnis. Nah untuk sistem ranking, banyak sekali lembaga di luar negeri yang melakukan pemeringkatan MBA seperti FT, Forbes, The Economist, QS, dan lain-lain. Meski ranking tidak menjamin sebuah reputasi sekolah, besar sekali pengaruh ranking untuk memberi cap sekolah bisnis S2 terbaik. Kelima faktor di atas sangat mudah untuk kita peroleh sehingga sangat membantu seseorang memilih sekolah bisnis S2 terbaik di luar.

Sayangnya untuk Indonesia belum ada lembaga nasional yang melakukan pemeringkatan MBA di Indonesia. Jika kita menggunakan  sistem pemeringkatan MBA global, sekolah-sekolah bisnis S2 terbaik Indonesia juga belum tentu masuk karena secara resmi, gelar MBA di Indonesia harus diganti dengan MM (hal yang sama terjadi ketika Insinyur diganti Sarjana Teknik, Drs diganti Spd, dll).

Untuk reputasi, jika kita membaca blog-blog atau forum, ada 2 kampus yang cukup sering dibicarakan sebagai sekolah bisnis S2 terbaik di Jakarta, bahkan di Indonesia. Kedua kampus tersebut adalah Prasetiya Mulya dan UI  (urutan tidak menggambarkan tingkat reputasi loh). Kedua kampus tersebut menawarkan kisah alumni, kesempatan kesuksesan (setelah lulus), dan kurikulum yang terbaik (kalau kata mereka sendiri). 

Seperti yang udah dikasih tau sama Mas Rangga, kurikulum Prasetiya Mulya lebih sesuai dengan kebutuhan pasar dan MM UI lebih cenderung ke arah akademis dan text book based. MBA ITB dan MM UGM juga sering muncul dalam pembicaraan sekolah bisnis S2 terbaik. Jadi ya berdasarkan banyak diskusi, ya tiga sekolah bisnis S2 terbaik adalah Prasetiya Mulya, UI, SBM ITB dan MM UGM.

Jadi, kalau ditanya, dimana sekolah bisnis S2 terbaik di Indonesia? Jawaban antara Prasetiya Mulya, MM UI, MM UGM dan SBM ITB. 

Kalau ditanya lebih detail lagi, ada saran bagus dari blog yang saya baca, ikuti tes seleksi masuk kampus-kampus tersebut, nah yang mana yang kamu tidak lulus, itulah sekolah bisnis S2 terbaik. Karena menurut kacamata saya, sekolah bisnis terbaik sudah pasti akan menyaring mahasiswa dengan super ketat. Setelah gagal tes, ya coba ikut lagi gelombang berikutnya! Kalau dua-duanya lolos gimana, coba cari tahu education background S2 atasan-atasanmu. Apakah kebanyakan Prasetiya Mulya, ITB, UGM atau UI. Kalau masih sama juga, baca dengan super teliti website MM Prasetiya Mulya, UI, UGM dan ITB. Cari tahu kampus mana yang sejalan dengan passion kamu. Masih sama juga, ya mohon petunjuk dari Yang Maha Kuasa.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Rekomendasi, Pendidikan, dan Perguruan Tinggi.

Advertisements