Jawaban Leonardo Camilius dari Pertanyaan Bagaimana meningkatkan penjualan online dengan cara mengoptimalkan konten website? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Mendapatkan kepercayaan dari konsumen merupakan salah satu hal paling menantang. Ironisnya, kepercayaan juga menjadi hal yang paling mudah hancur. Ketika kamu sedang membangun merek, mendapat dan menjaga kepercayaan dari calon konsumen merupakan perkara hidup mati bisnis.

Ketika kamu ingin mendapat kepercayaan di online, hal ini akan menjadi hal yang jauh lebih menatang, terlebih karena kamu belum pernah berbicara langsung dengan calon konsumen ini. Lalu, cara terbaik seperti apa untuk membangun kepercayaan?

Banyak yang mengira, integritas merupakan kuncinya. Padahal, permasalahannya jauh lebih rumit dari sekadar menjadi jujur. Kejujuran adalah kebutuhan dasar konsumen, dan kamu harus bisa memberi lebih dari itu. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Transparan

Tak ada yang lebih menyebalkan, ketika sudah menyukai produk tertentu, ternyata ketika hendak melakukan pembayaran, masih ada biaya tambahan untuk biaya langganan. Ketidaktransparanan seperti ini, akan membuat konsumen pergi.

Untuk itu, kamu harus transparan pada calon konsumen atas penawaran, cara kerja dan kebijakan pembatalan atau pengembalian. Informasi semacam ini harus mudah diperoleh. Karena, kejutan seperti kasus di atas dapat membuatmu kehilangan kredibilitas.

Responsif

Bila klien mengalami masalah dengan produk atau layananmu, segera selesaikan tanpa menunda. Kamu tak perlu sempurna dalam bisnis untuk bisa sukses, namun kamu harus jujur dan responsif. Terlebih lagi, bila kamu menjual produk atau jasamu secara online, menjadi responsif sangat penting.

Karena, bila konsumen tak dapat menghubungi, ini akan merusak kepercayaan mereka. Bahkan, kemungkinan besar, ia tak akan kembali lagi.

Video

Cara terbaik memberi alasan pada konsumen untuk mempercayai dan mengenalmu tanpa perlu berada di depannya adalah melalui video. Selain merekam video selamat datang, kamu bisa menyertakan jawaban untuk pertanyaan umum yang biasa muncul.

Kemudian, sertakan juga bagian yang menyebutkan keahlianmu untuk membantu pengunjung potensial lebih mengenalmu. Video bisa memberimu kesempatan memamerkan pengetahuan dan kepribadianmu pada calon klien.

Webinar

Cara ini bisa menjadi solusi lebih baik dari sekadar video. Menyelenggarakan webinar gratis tiap bulan bisa membuat calon konsumenmu lebih mengenal siapa dirimu. Kamu tak perlu khawatir soal biaya, situs seperti JoinMe bisa menyediakan layanan ini secara gratis.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Bisnis Online, Desain Website, Marketing Online, Penjualan, dan WordPress.

Advertisements