Jawaban Hamzah Hasyim dari Pertanyaan Bagaimana setting declare data survey dan interprestasi outpout survey logistic? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Saya student tengah melakukan riset. 

Mohon waktu luang berdiskusi, olah data survei dengan aplikasi STATA, dengan pendekatan multiple regresi logistik

Mohon masukan makna setiap syntax dibawah ini

svyset PSU [pweight= weight], strata(strata)

svyset PSU [pweight= weight], psu (PSU)

svyset PSU [pweight= inflate], strata( strata)

Untuk declare setting survey, dengan design multistage sampling. Dimana Pada riskesdas (rkd) 2007 salah satu sumber yang digunakan ditemui di template nya ada komponen : psu, strata, weight dan inflate. Sayangnya istilah untuk menjelaskan komponen “psu, strata, weight dan inflate,  tidak ditemui di buku laporan dan pedoman RKD 2007.

Terkait metodologi riskesdas 2007

Isu terpenting dalam pengolahan dan analisis data Riskesdas 2007 adalah sampel Riskesdas 2007 yang identik dengan sampel Susenas 2007. Disain penarikan sampel Susenas 2007 adalah “two stage sampling”. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 berhasil mengumpulkan sebanyak 258.366 sampel rumah tangga dan 987.205 sampel anggota rumah tangga untuk pengukuran berbagai variabel kesehatan masyarakat.

Kalau tidak salah, pada survey dengan sampling 2 tahap maka block sensus adalah psu dan rumah tangga adalah secondary sampling unit (SSU). Pada sampling 3 tahap, desa adalah psu, block sensus adalah SSU dan rumah tangga adalah ultimate sampling unit. Khusus untuk Strata apakah dapat diartikan sebagai wilayah desa dan kota dalam survei tsb…

Bagaimana membaca setiap komponen pada tampilan table default hasil olah data STATA baik table dekskripsi maupun  inferensial dengan pendekatan survey regresi logistik???

Terimakasih atas waktu luangnya..

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar dan Analis Data.

Advertisements