Jawaban Carlitta Amanda dari Pertanyaan Hal seru apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk mengisi waktunya secara produktif dan bermanfaat? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Kalau aku berkebun tomat! Soalnya mudah banget. 

Tomat tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur atau pelezat makanan. Tomat juga dapat dijus untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu tomat juga bisa dibuat menjadi masker karena mengandung likopen yang berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan kulit akibat sinar ultra violet dari matahari.

Tahukah kamu bahwa tomat adalah salah satu tanaman yang mudah tumbuh dimana saja? kamu tidak perlu cemas bila tidak memiliki pekarangan yang luas karena tomat bisa ditanam di dalam ruangan seperti konservatori, rumah kaca, teras rumah atau tempat lain yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Perhatikan Posisi Pot

Jika kamu ingin menanam tomat di dalam ruangan, tempatkan pot menghadap jendela, karena tomat membutuhkan banyak sinar matahari. Pilih lokasi terbaik apakah pot akan diletakkan di teras rumah atau cukup di dekat jendela. Pastikan lokasi tersebut terlindungi dari terpaan angin kencang karena tomat mudah terjatuh terutama bila dahannya sudah tumbuh tinggi.

Merawat Tomat

Pastikan tanah yang digunakan selalu lembap, ketika menyiram tanaman hanya basahi bagian tanah dan hindari bagian daun. Tomat perlu difertilisasi oleh beberapa serangga agar buahnya dapat berkembang. Jadi, pastikan semua jendela di rumah sudah terbuka agar serangga yang bermanfaat itu akan masuk ke dalam rumah.

Jika buah sudah mulai dipanen, kamu bisa membeli cairan fertilisasi tomat di toko tanaman. Cairan ini akan membuat tomat tumbuh lebih cepat. Jika sudah ada 6-8 buah tomat yang tumbuh, potong cabang-cabang yang menumbuh ke atas agar tidak menjadi semak yang mengganggu.

Tips Terbaik Menanam Tomat di Area Sempit

1. Tanam tomat ketika musim panas, cuaca yang dingin hanya akan memperlambat pertumbuhan tomat. Di kawasan tropis seperti Indonesia, kamu bisa menanam tomat kapan saja.

2. Tidak seperti tanaman lain, tomat memerlukan sistem akar yang sehat dan kuat sehingga benih harus ditanam cukup dalam di tanah.

3. Pilih jenis tomat yang tidak membutuhkan ruang yang banyak untuk berkembang. Tomat jenis hybrid dan heirloom termasuk yang tidak tumbuh terlalu tinggi.

4. Beri jarak antara satu tanaman tomat dengan tanaman lain minimal 45 cm dan 60 cm jika memungkinkan. Tomat yang tumbuh terlalu dekat akan rawan ditumbuhi jamur dan menjadi kurang produktif.

5. Jika tak ada lahan yang cukup, kamu bisa menanam tomat ceri yang berukuran kecil di dalam keranjang yang digantungkan.

6. Di saat pertama kamu menanam tomat, tempatkan 2-3 cangkang telur di dasar tanah. Cangkang telur ini akan memberikan mineral dan kalsium yang dibutuhkan oleh tanaman. Kekurangan kalsium hanya akan membuat tomat lebih cepat busuk selain itu juga akan memengaruhi kualitas buah tomat.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Kehidupan Rumah Tangga, Rumah, Keluarga, Wanita, Bisnis, Peluang Usaha, Investasi, dan Lifestyle.

Advertisements