Jawaban Galuh Adipura dari Pertanyaan InDesign vs Illustrator vs Photoshop: Software apa yang paling tepat dipergunakan untuk desain Percetakan? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Bagus pertanyaannya!

Secara teori, semua tools, mau itu Adobe InDesign, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, atau software desain open source seperti Gimp dan Inkscape, bisa kamu pergunakan untuk mendesain material berbasis print. Saran saya, jika kamu sangat mahir pada salah satu, pakai itu saja, karena mempertimbangkan untuk menggunakan yang lain butuh waktu untuk belajar. Jika kamu punya waktu untuk belajar, saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan Adobe Illustrator. Ini yang menurut saya terbaik untuk mendesain material berbasis print ketimbang Adobe InDesign dan Adobe Photoshop.

Adobe InDesign

Kelebihan Adobe InDesign adalah layouting atau templating sehingga bisa dipakai untuk membuat desain dengan banyak halaman yang terhubung berdasarkan link yang ditempatkan diluar file tergantung dengan jenis file tersebut apakah pixel atau vector sehingga ukuran file layout akan sangat ringan.

Kelemahannya adalah fitur drawing dan illustrating kurang, makanya jika ingin menggunakan foto atau gambar lebih baik diolah dulu di photoshop atau illustrator

Makanya Adobe InDesign banyak dipakai untuk membuat layout buku, company profile, majalah, dan tabloid.

Adobe Photoshop

Photoshop sangat baik untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi foto atau gambar. Makanya Photoshop sangat cocok untuk Fotografer atau desain gambar supaya terlihat sangat bagus.

Photoshop tidak baik untuk dipergunakan di desain berbasis percetakan dengan banyak halaman karena tidak dapat membuat multi-page layout dalam satu lembar dokumen. Hanya ada dua cara (dan itupun merepotkan) untuk menciptakan layout yang sama, yaitu copy seluruh isi, kemudian membuat layer baru dan menyembunyikan layer sebelumnya atau buat di lembar kerja baru secara terpisah.

Photoshop tidak dibuat untuk pencetakan. Gunakan Photoshop lebih sebagai cara untuk mengedit gambar yang ingin ditambahkan ke bahan cetak. Kamu bisa menggunakan Photoshop, tapi kemudian kamu akan memiliki masalah mempersiapkan file untuk printer.

Adobe Illustrator

Ilustrator digunakan untuk ilustrasi, logo, dan grafis secara umum. Ini juga banyak digunakan dalam pencetakan, tapi tidak untuk dokumen multipage karena tidak memiliki dukungan untuk halaman master dan itu tidak membiarkan kamu mengotomatisasi nomor halaman. Kemampuan manipulasi gambar di Adobe Illustrator mendekati Adobe Photoshop, tapi lebih baik untuk ilustrasi non-gambar seperti vektor. Kamu dapat melakukan apapun yang bisa kamu lakukan dengan Photoshop dan kamu juga bisa mendapatkan desain yang siap cetak dalam waktu singkat.

Jadi, singkatnya, untuk desain multi-page seperti buku, company profile, majalah, dan tabloid, mengkolaborasikan Adobe InDesign dan Abode Illustrator akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat dan memuaskan. Sementara untuk desain non-multi-page seperti logo, kartun, line art, spanduk, product mock up, brosur dan alat promosi, cukup gunakan Adobe Illustrator.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Desain Grafis, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, dan Percetakan.

Advertisements