Jawaban Carlitta Amanda dari Pertanyaan Apa itu Management By Objective (MBO)? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Management By Objective (MBO) adalah bentuk penilain dimana karyawan dan stakeholder bersama-sama menetapkan tujuan-tujuan atau sasaran-sasaran pelaksanaan kerja diwaktu yang akan datang. Penilaian kinerja berdasarkan metode ini merupakan suatu alternatif untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari bentuk kinerja lainnya. Pemakaiannya terutama ditujukan untuk keperluan  pengembangan karyawan. Metode ini lebih mengacu pada pendekatan hasil. 

Manajemen melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan sasaran-sasaran yang hendak dicapai, yang dapat dilakukan melalui prosedur sebagai berikut: 

  1. Atasan menginformasikan tujuan yang akan dicapai unit kerjanya yang merupakan terjemahan dari tujuan yang lebih atas, dan tentunya dengan tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi dalam pencapaian tujuan tersebut. 
  2. Kemudian, setiap individu menentukan tujuan masing-masing yang dibicarakan dengan atasan dalam periode waktu tertentu, berikut tantangan-tantangan yang akan dihadapi dan bagaimana cara mengatasitantangan tersebut. 
  3. Dalam proses pencapaian tujuan, atasan dapat membantu dalam bentuk  memberi feedback. 
  4. Pada akhir periode yang ditentukan, atasan dan bawahan melakukan evaluasi tentang pencapaian tersebut.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Performance Appraisal, Adminstrasi Personalia, dan Sumber Daya Manusia.

Advertisements