Jawaban Brian Kurnia S dari Pertanyaan Bagaimana meningkatkan penjualan online dengan cara mengoptimalkan konten website? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Optimalkan Judul.

Judul adalah elemen yang SANGAT penting untuk meningkatkan konversi. Jika pengunjung website tidak menyukai judul padakonten Anda, makamereka tidak akanmembacanya. Tidak peduliapakah itu website Anda, newsletter,  blog,  artikel, ataupun keterangan produk/ layanan Anda, jika judulnya tidak menarik, maka pengunjung website tidak akan membacanya.

Berikut ini kami berikan beberapa teknik yang sederhana tetapi efektifuntuk menarik pengunjung website agar membaca konten Anda.

Buat kalimat yang menjelaskan keuntungan yang akan didapatkan pengunjung dan bukan menitikberatkan pada keunggulan produk ataulayanan Anda saja:

  1. Informasikan kepada pengunjung website bahwa mereka bisa mendapatkan yang mereka inginkan dengan mudah

  2. Pastikan informasi yang Anda berikan berdasarkan bukti yang nyata

  3. Gunakan informasi yang spesifik

Tema Tulisan.

Apa yang Anda tulis lebih penting daripada apa yang Anda sampaikan. Peningkatan konversi akan terasa ketika Anda mengubah judulnya, meskipun tanpa mengubah konten maupun pernak-pernik dalam konten tersebut. Buatlah tes dengan dua judul yang berbeda dan amati respon pengunjung website Anda dan tentukan mana yang bisa lebih banyakmenambah konversi.

Jaminan

Berikan jaminan untuk pelanggan Anda untuk meraih kepercayaan mereka. Tetapi Anda harus memastikan bahwa apa yang Anda janjikan benar-benar mampu Anda berikan.

Untuk membuat orang lain percaya kepada Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah percaya pada diri Anda sendiri .Tingkatkan kredibilitas Anda serta kepercayaan pelanggan dengan menjanjikan jaminan atas produk atau layanan Anda.

Tonjolkan Keunggulan

Anda tidak tahu bagaimana cara menonjolkan keunggulan produk ataulayanan Anda?

Lakukan latihan ini: bayangkan Anda adalah seorang calon pelanggandan baru saja membuka email atau newsletter dari Anda kemudian bertanya, “mengapa saya harus tertarik dengan produk/layanan ini?” Jawaban dari pertanyaan ini akan berisi tentang keunggulan-keunggulan produk Anda. Jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di website Anda.

Testimoni Pelanggan

Tambahkan ulasan dari pelanggan Anda yang puas dengan produk danlayanan Anda. Secara umum, testimonial berupa video akan lebih membawa pengaruh dari pada gambardan teks. Pernyataan yang dibuat dengan menampilkan nama pemberi ulasan juga lebihmember pengaruh dari pada pernyataan dari pelanggan tanpa memberikan nama. Dengan menampilkan ulasan dari pelanggan Anda akan meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata calon konsumen.

Anda tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan ulasan dari pelangganyang puas? Jaga komunikasi Anda dengan pelanggan Anda, secara reguler, tanyakan pendapat mereka tentang produk atau layanan Anda.Buat video testimoni mereka untuk kebutuhan marketing Anda.

Link Menarik

Pada dasarnya, pengunjung website suka mengeklik tautan untukmendapatkan informasi lebih lanjut. Maka sediakanlah tautan tersebut! Berikantautan-tautan kehalaman-halaman penting di website Anda danpastikan tautan tersebut terlihat jelas sehingga pengunjung website Anda mengerti bahwa itu adalah tautan menuju keinformasi yang spesifik.

Ulasan Media

Tambahkan pernyataan dari media ke website Anda. Anda tidak memilikipernyataan pers tentang produk/layanan Anda? Tawarkan produk/ layanan gratis kepada media dan mintalah kepada mereka untukmemberikan opini mereka tentang produk Anda di media. Gunakan opini ini untuk membangun kepercayaan calon pelanggan Anda.

Mudahkan awal media meliput bisnis Anda. Kirimkan juga kepada mereka artikel-artikel menarik seputar bisnis Anda. Bukan tidak mungkin, mereka akan mempublikasikan liputan mengenai bisnis Anda secara gratis.

Kumpulkan pernyataan puas dari pelanggan Anda

Buat sistem di website Anda yang memungkinkan untuk mengumpulkanpernyataan kepuasan pelanggan. Edukasi karyawan Anda untuk menanyakan kepada pelanggan Anda mengenai kesan-kesan mereka, maka Anda akan mendapatkan pernyataan-pernyataan positif dari para pelanggan. Kirimkan
e-mail kepada pelanggan Anda untuk memintatestimoni mereka. Sebagai balasan, Anda bisa memberikan produk/layanan Anda secara gratis.

Tunjukkan hal-hal yang penting

Tunjukkan hal-hal yang penting terkait dengan produk/ layanan Anda kepada pelanggan Anda. Buat supaya hal-hal tersebut langsung terbaca. Bagaimana cara untuk menonjolkan hal-hal penting tersebut?

  1. Tekankan bagian teks dan kata kunci

  2. Gunakan huruf miring (Italics)

  3. Beri highlights pada kata-kata yang penting

  4. Anda bisa membuat gambar sketsa dan letakkan pada websiteAnda. Gambaran manual (sketsa tangan) akan menarik perhatian pengunjung website

  5. Gunakan kata-kata yang bisa memberikan efek langsung menarik perhatian pembaca

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Bisnis Online, Desain Website, Marketing Online, Penjualan, dan WordPress.

Advertisements