Jawaban Kevin Surya Liem dari Pertanyaan Bagaimana cara menemukan saham terbaik di Bursa Efek Indonesia? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Mengingat pasar sedang bullish saat ini, memang cukup sulit untuk menemukan saham undervalued. Namun, bukan tidak mungkin!

Menurut saya, saham menjadi undervalued karena sentimen negatif, misalnya: laporan pendapatan yang tidak sesuai ekspektasi; CEO meninggal; pejabat eksekutif mengundurkan diri; perusahaan mencatat pendapatan yang tidak benar sehingga menimbulkan rasa ketidakpercayaan dari investor, dll

Sentimen negatif tersebut menimbulkan perhatian dari investor. Investor akan bertanya-tanya apakah sentimen negatif tersebut akan berlangsung dalam jangka pendek atau jangka panjang. Pertanyaan kedua, apakah sentimen negatif tersebut sangat mempengaruhi arus kas dan profitabilitas perusahaan atau tidak.

Makanya cara terbaik untuk menemukan saham undervalued antara lain: 52 week low lists; the losers of the day lists; dan spin-off lists. Saya sering mendapat saham undervalued yang cukup bagus dengan cara ini.

Hal yang perlu diketahui adalah ketika sentimen negatif terjadi, perusahaan masih terus mengembangkan arus kas dari operasinya. Perusahaan tersebut terkadang sulit mendapat akses hutang atau dari pasar ekuitas, tapi ini justru baik untuk restrukturisasi modal supaya lebih sehat.

Hal lain yang perlu diperhatikan: Apakah insider memegang share dalam jumlah besar? Apa yang sering dilakukan manajemen (buyback, dividen khusus, dll)? Dan bagaimana perusahaan generate revenue (ketahui model bisnis, deal size, pipeline, dll)?

Pengalaman saya hal ini cukup membosankan diawal-awal. Tapi seterusnya jadi cukup mengasikan. Dan jika Anda punya broker yang baik, dia bisa take care yang seperti ini. Cobalah!

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Rekomendasi, Investasi, Saham, Akuntansi, Akuntansi Biaya, Analis Keuangan, Keuangan, dan Bisnis.

Advertisements