Jawaban Rangga Luthfi Ibrahim dari Pertanyaan Bagaimana cara menemukan saham terbaik di Bursa Efek Indonesia? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID

Pasar saham Bursa Efek Indonesia sudah cukup efisien. Harga saham ditentukan oleh pembeli dan penjual. Mayoritas aktivitas perdagangan adalah dari Institutional Investor. Merekalah yang bermain. Anda dan saya tidak memiliki banyak kesempatan mengungguli mereka. Bahkan sebagian besar investment manager tidak dapat mengungguli pasar dalam jangka panjang. Jika Anda menemukan satu yang outperform pasar, tapi sebetulnya outperform tidak pernah berlanjut dalam jangka panjang hanya jangka pendek, dan tidak ada cara untuk menentukan siapa yang outperform pasar.

Beberapa orang mengidentifikasi saham yang menuruk mereka “undervalued” berdasarkan PBV yang rendah, yang lain menggunakan price/sales or P/E. Hal ini juga bisa menjadi perangkap karena pasar menjadikan suatu saham menjadi “undervalue” ini untuk alasan yang tepat. Hal ini biasanya bukan karena investor lupa untuk melakukan bidding ke level harga yang “benar”. Ketika seseorang melihat 1 juta tergeletak di trotoar jalan, mungkin tidak dia melewati uang tersebut? Rasanya tidak mungkin.

Makanya value investment adalah cara terbaik untuk berinvestasi. Tidak ada yang salah dengan mencari saham dengan return lebih besar. Cuma sulit.

Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Rekomendasi, Investasi, Saham, Akuntansi, Akuntansi Biaya, Analis Keuangan, Keuangan, dan Bisnis.

Advertisements