Jawaban Brian Kurnia S (Digital Marketing Specialist) di pertanyaan Bagaimana cara melakukan promosi yang efektif di bulan Ramadhan?

Lihat selengkapnya di Seto

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana perilaku konsumen selama bulan Ramadhan.

Memahami perilaku konsumen di bulan Ramadhan akan memberikan insightatau informasi yang bisa membantu membuat promosi Anda sukses.Berikut ini beberapa perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadhan:

Konsumen akan melakukan lebih banyak pembelian di bulan Ramadhan

Hal ini karena kondisi lapar membuat orang lebih banyakmelakukan pembelian. Hal ini sesuai dengan penelitian dari University of Minnesota yang menyatakan bahwa berbelanja di saat lapar bisamembuat orang membeli lebih banyak, bukan hanya membelimakanan dan minuman, namun juga membeli barang-barang lainnya.

Konsumen tidak terlalu peka harga. 

Selain akan membeli lebih banyak, konsumen juga tidak akan terlalu peka dengan harga. Hal itujuga didukung dengan adanya Tunjangan Hari Raya yang membuatkonsumen tidak terlalu lama mempertimbangkan masalah hargakarena toh mereka punya uang lebih (THR).

Hal-hal yang berkaitan dengan religiusitas lebih diminati.

Produk-produkyang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadhan lebihbanyak diminati oleh konsumen. Jika produk Anda tidak berkaitandengan ibadah bulan Ramadhan, jangan khawatir. Anda tetap bisa membuat promosi jitu dengan memanfaatkan momentum-momentumyang sesuai dengan semangat Ramadhan.

Waktu berbelanja konsumen online berubah.

Karena ibadah puasadi bulan Ramadhan juga membuat kegiatan konsumen berubah (terkaitdengan perubahan jam tidur dan jam kerja), maka waktu konsumenberbelanja secara online juga berubah. Anda harus peka memahamifenomena ini agar promosi Anda maksimal. Di bagian selanjutnyakami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang kapan waktuyang tepat untuk melakukan promosi.

Menjelang Lebaran, pembelian akan semakin tinggi.

Hal ini terkait dengan Tunjangan Hari Raya yang biasanya diberikansekitar seminggu atau dua minggu sebelum Ramadhan berakhir, makasemakin dekat Lebaran, maka penjualan akan semakin gila-gilaan.Selain itu, budaya mudik menjelang Ramadhan juga membuatkonsumen membeli banyak barang baik untuk oleh-oleh atau untukmenyambut keluarganya yang pulang kampung.

Buka Puasa bersama adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan.

Pada masa Ramadhan ini akan ada banyak sekali orangyang memanfaatkannya untuk menghabiskan waktu bersama temantemanatau keluarganya dengan berbuka puasa bersama. Jika Andamemiliki usaha kuliner yang lokasinya bisa menampung banyakorang, ini saat yang paling tepat untuk melancarkan promosi.

Konsumen muslim tertarik pada kegiatan amal.

Selain melakukankegiatan konsumtif, bulan Ramadhan juga membuat orang lebihmurah hati dalam bersedekah karena mengharapkan pahala yangberlipat ganda. Jika Anda bisa membuat program promosi yangmelibatkan kegiatan amal, Anda akan lebih mudah memenangkan haticalon konsumen Anda.

Baru-baru ini Facebook for Business juga merilis infografis seputarperilaku pengguna FB selama Ramadhan sebagai berikut:

Tulisan ini dipost melalui aplikasi Seto di tanya jawab mengenai MarketingMarketing OnlinePenjualanPenjualan LangsungSales Promotion GirlSaran BelanjaTempat Belanja, dan Islam.

Advertisements