5.1. Kesimpulan

Hasil uji validitas menggunakan SPSS versi 16 yang menunjukan semua butir pernyataan pada variabel kontekstual adalah valid, dikarenakan r hasil lebih besar dari r tabel 0.25.

Hasil uji reliabilitas menggunakan SPSS versi 16 yang menunjukan semua butir pernyataan pada variabel kontekstual adalah reliable, dikarenakan r hasil lebih besar dari r tabel 0.6

Hasil uji regresi Variabel Kontekstual memperlihatkan bahwa Marketing (2.053) dan Tech (2.065) lebih besar dari t tabel sebesar 1.98 dan signifikansi kurang dari 0.05 sehingga harus tolak H0 bahwa Marketing signifikan mempengaruhi Sukses, dan Tech signifikan mempengaruhi Sukses. Selain itu, variabel Gov (2.786) lebih besar dari t tabel sebesar 2.56 dan signifikansi kurang dari 0.01 sehingga harus tolak H0 bahwa Gov signifikan mempengaruhi Sukses.

Hasil uji regresi Variabel Karakteristik Pengusaha dan UKM memperlihatkan bahwa t hitung lebih rendah dari t level kepercayaan  90% sebeesar 1.58 sehingga terima H0 dengan probabilitas tidak ada yang signifikan.

5.2. Saran

Dari analisis dan pembahasan hasil penelitian, dapat dirumuskan saran-saran sebagai berikut. Saran-saran yang disampaikan terkait manfaat penelitian.

5.2.1. Bagi Pengusaha

Pertimbangan terkait penelitian ini yang bisa dijadikan dasar ilmiah antara lain:

  • Variabel marketing, modal, dan teknologi mempengaruhi secara positif terhadap kesuksesan UKM. Oleh karena itu, ketiga variabel ini layak untuk diperhatikan lebih tinggi oleh pengusaha.

5.2.1. Bagi Pemerintah

Pertimbangan terkait penelitian ini yang bisa dijadikan dasar ilmiah antara lain:

  • Variabel dukungan pemerintah mempengaruhi secara positif terhadap kesuksesan UKM. Oleh karena itu, variabel ini layak untuk diperhatikan lebih tinggi oleh pemerintah.

5.2.2. Bagi Peneliti Lain

Pertimbangan terkait penelitian ini yang bisa dijadikan dasar ilmiah pengambilan keputusan negara antara lain:

  • Peneliti lain bisa menggunakan responden penelitian lain yang berbeda seperti mahasiswa sehingga bisa dihubungkan dengan kesuksesan belajar
  • Peneliti lain bisa menggunakan metode lain seperti regresi dummy

Info Lengkap: Regresi Logistik Dengan SPSS: Modul, Tutorial, Contoh Soal

Advertisements