Info Lengkap: Cara Membuat Aplikasi Android: Contoh Aplikasi Android Game dan Memonetasinya

 

Chap 1 – Cara Membuat Aplikasi Android: Pendahuluan

Pada sesi ini akan dijelaskan ringkasan kursus Cara Membuat Aplikasi Android; bagaimana mekanisme kursus Cara Membuat Aplikasi Android; apa yang seharusnya disiapkan sebelum memulai kursus Cara Membuat Aplikasi Android; bagaimana mekanisme, tugas, ujian, dan evalusi kursus Cara Membuat Aplikasi Android

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 2 – Cara Membuat Aplikasi Android: Download dan Instal Berbagai Android Development Tools yang Diperlukan

Cara membuat apk: Download, instal, dan pemahaman mengenai Cocos2d-x

Cocos2d-x menggunakan bahasa C++. Dengan demikian, Anda harus membuat beberapa perubahan untuk Eclipse sehingga mendukung C++ dan membuat beberapa perubahan lain sehingga memungkinkan aplikasi Android yang akan Anda buat bisa mendukung C++.

Software membuat aplikasi android: Download, instal, dan pemahaman mengenai Android NDK

Dengan mengkombinasikan C++ dan Android, Anda memerlukan sesuatu yang disebut NDK Android, yang merupakan singkatan dari Native Development Kit. Di sesi ini, Anda akan dijelaskan bagaimana cara download dan instal NDK sesuai platform yang Anda gunakan.

Aplikasi buat android: Cara membuat template Cocos2d-x untuk project di Eclipse

Sebelum memulai, Anda perlu membuat proyek dalam sistem file Anda, dan kemudian mengimpor proyek ke dalam Eclipse. Jika Anda belum memiliki Eclipse atau SDK Android pada Eclipse, Anda akan dijelaskan bagaimana men-download dan menginstal, lalu setelah itu Anda dijelaskan bagaimana membuat templateCocos2d-x untuk project di Eclipse.

Android apps maker: Cara membuat project menggunakan template Cocos2d-x

Pada sesi ini, Anda akan dijelaskan bagaimana membuat moleitx, project.android atau proj.andriod, dan build_native script. Bagaimana menjalankan aplikasibuild_native script di Cygwin pada Windows atau Terminal pada Mac.

Android software: Bagaimana mempersiapkan Eclipse untuk digunakan di aplikasi C++

Karena Cocos2d-X menggunakan C++, kita perlu mengikutsertakan aplikasi Eclipse. Pada bagian ini Anda akan dijelaskan bagaimana mempersiapkan Eclipse untuk digunakan di aplikasi C++

Cara membuat aplikasi apk: Cara mengimport project yang telah dibuat ke Eclipse

Pada bagian ini, kita akan mengimpor project ke Eclipse sebagai proyek Android. Disini juga akan dijelaskan bagaimana membuat project.androiddirectory. Bagaimana mengimpor project Cocos2d-X dan folder moleitx ke Ecalipse pada bagian project.android. Setelah kita telah menciptakan project, langkah berikutnya adalah untuk mengubahnya menjadi project hibrid C++, dengan cara menambahkan C/C++ Nature.

Android app builder: Cara memasukan aplikasi GLES 2.0 ke emulator

Ada tiga hal yang perlu Anda lakukan supaya aplikasi app di Emulator Android berjalan. Karena Cocos2d menggunakan OpenGL ES 2.0 dan tidak didukung secara default di Emulator Android. Jadi langkah selanjutnya adalah bagaimana Emulator bisa mendukung OpenGL ES 2.0. Selanjutnya bagaimana untuk memberitahu Manifest bahwa aplikasi Anda membutuhkan OpenGL ES 2.0, dan langkah selanjutnya adalah untuk menambahkan beberapa pemrograman untuk mengatasi beberapa issue. Semua itu dilakukan di Android Virtual Device Manager.

Android app creator: Cara mengatasi berbagai issues

Ada kemungkinan bahwa setelah Anda melakukan semua langkah-langkah diatas, Anda masih tidak bisa menjalankan aplikasi Android Anda. Jika Anda mengalami masalah, di sesi ini akan dijelaskan bagaimana Anda bisa mengatasi issue tersebut. Disini Anda akan sedikit bermain dengan Java Compiler.

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 3 – Cara Membuat Aplikasi Android: Penggunaan Cocos2d-x

Membuat aplikasi mobile: Pemahaman mengenai scenes, layers, dan sprites di Cocos2d

Untuk membuat aplikasi game menggunakan Cocos2d, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana scenes, layers, dan sprite bekerja bersama-sama. Anda juga harus tahu bagaimana mengatur proyek Anda dan bagaimana menggunakan berbagai alat yang dibangun di Cocos2d sehingga aplikasi bisa lebih mudah dibuat. Sepanjang sesi ini kita akan mengeksplorasi semua itu.

Membuat aplikasi chatting android: Bagaimana cara menggunakan scenes, layers, dan sprites

Setelah Anda paham mengenai scenes, layers, dan sprites di Cocos2d, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan scenes, layers, dan sprites di Cocos2d yang akan dipergunakan sebagai interaksi antara pemain dengan game.

Aplikasi android membuat tulisan: Memposisikan sprites

Langkah selanjutnya adalah bagaimana memposisikan sprite dengan cara menyesuaikan koordinat layar sesuai dengan kebutuhan. Sesi ini akan dijelaskan bagaimana memposisikan sprite.

Aplikasi android membuat animasi: Kostumisasi basic sprite properties untuk animasi

Elemen grafis utama Anda ketika Anda menggunakan Cocos2d adalah Sprite. Jadi, penting untuk memahami bagaimana sprite bekerja. Untuk memahaminya kami telah menyiampkan beberapa file yang bisa Anda gunakan di proyek Anda. Dan jika Anda telah memiliki akses ke kursus ini, Anda bisa pakai file yang kami buat di Folder Latihan.

Aplikasi gambar android: Setting sentuhan

Skema kontrol pada kebanyakan game touchscreen didasarkan pada sentuhan. Jadi jelas sangat penting untuk memahami bagaimana mengkonfigurasi sentuhan dalam game Anda. Disini Anda akan banyak bermain dengan CCTouchesBegan, metode override superclass, ::CCSet, *pTouches, ::CCEvent, dan *pEvent.

Cara membuat aplikasi android online: accelerometer data

Skema kontrol lain yang populer untuk perangkat Android Accelerometer control. Di sesi ini, Anda akan banyak bermain dengan Accelerometer control yang dipergunakan supaya pemain bisa mengakses game Anda secara online; layer subclass untuk menerapkan metode superclass yang disebut didAccelerate; penggunaan dan aplikasi CCAcceleration; penggunaan dan aplikasi parameter *pAccelerationValue.

Membuat aplikasi di android: Memahami cara kerja dan penggunaan Cocos2d actions

Aplikasi Cocos2d memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah selama periode waktu tertentu. Di sesi ini Anda akan dijelaskan penggunaan berbagai properti di Sprite yang ditujukan untuk mengkostumisasi aplikasi game Anda seperti rotasi, skala, opacity, dan lain-lain.

Tutorial membuat aplikasi android game menggunakan Cocos2d

Pada sesi ini Anda akan dijelaskan bagaimana menggunakan sprite sheets; bagaimana membuat frame animations pada aplikasi game Anda; bagaimana membuat setting pada game Anda seperti bagaimana menampilkan portrait mode; bagaimana mendesign untuk multiple screens.

Belajar membuat aplikasi android game menggunakan Cocos2d

Pada sesi ini Anda akan dijelaskan bagaimana menggunakan Java code pada program C++; bagaimana menggunakan C++ code dari Java; bagaimana cara menambahkan dan menggunakan buttons serta audio untuk aplikasi game Anda.

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 4 – Cara Membuat Aplikasi Android: Membuat Core Classes

Aplikasi apk android: Menggunakan flowchart dari core classes game

Sebelum kita mulai aplikasi game, di bagian ini akan dibahas bagaimanacore classes diatur. Anda akan mengenal berbagai core classes seperti CCScene, Layer GameOver, Layer Pause, Layer HUD dan Layer Game.

Membuat aplikasi android sendiri: Membuat dan mengedit AppDelegate dan Main classes

Pada sesi ini, Anda akan banyak dikenalkan dan penjelasan bagaimana menggunakan applicationDidFinishLaunching, CCTexture2D, PVRImagesHavePremultipliedAlpha, TexturePacker, file PVR.ccc; bagaimana menggunakan layar standar dan layar retina; artScale untuk melihat apakah ketinggian layar lebih besar dari 400px. bagaimana setting setArtScaleFactor.

Membuat aplikasi android sederhana: tombol mobile apps dan custom pop-up

Pada bagian ini, Anda akan dijelaskan bagaimana mendesign dan membuat berbagai tombol pada game Anda; bagaimana membuat  custom pop-up pada menu utility

Cara membuat apk: MainMenu dan Utils class

MainMenu adalah subclass dari CCLayer. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana mengkostumisasi MainMenu dan membuat Utils class

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 5 – Cara Membuat Aplikasi Android: Building the Basic Mole-Whacking Game

Aplikasi APK: Menambahkan game layers, background, dan moles

Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana menambagkan game layers dan background; men-design dan memberikan animasi pada moles di bagian Game class serta menampilkan animasi pada interval waktu tertentu

Aplikasi android membuat video game: Android programming tutorial untuk game

Pada bagian ini, Anda akan dijelaskan step-by-step bagaimana mengkonfigurasi sentuhan pada game, menampilkan score pemain, setting berbagai kesalahan dari pemain, bagaimana mensetting jumlah moles pemain pada layar screen, bagaimana menambahkan backsound, bagaimana membuat fitur pause, bagaimana menampilkan layar game-over, bagaimana menampilkan dan menyimpan score pemain tertinggi

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 6 – Cara Membuat Aplikasi Android: Menampilkan Iklan

Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana Anda mempersiapkan iklan pada aplikasi game Anda; dan bagaimana mengimplementasikan Google aplikasi dan Google ads pada aplikasi game yang telah Anda buat

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 7 – Cara Membuat Aplikasi Android: Cara Menjual Android App Anda di Google Play

Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana Anda setting skin untuk tampil di Google Play; Bagaimana setting in-app purchases (IAP) untuk dijual di Amazon Appstore app; Bagaimana mengimplementasikan Amazon IAP code pada android apps Anda; Bagaimana setting IAP untuk dijual di Google Play; Bagaimana mengimplementasikan Google Play IAP code

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android

Chap 8 – Cara Membuat Aplikasi Android: Bantuan dan Resources Tambahan

Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan website Cocos2d-x; Resources lainnya yang bisa membantu Anda dalam hal cara membuat aplikasi android; Kesimpulan

cara membuat aplikasi android sederhana tutorial membuat aplikasi android belajar membuat aplikasi android
 belajar online

Ada Yang Ingin Ditanyakan?

Note: Ini adalah fitur baru di iTutor yang ditujukan bagi calon pendaftar yang ingin bertanya terlebih dahulu sebelum daftar. Selain menggunakan disqus, kamu juga bisa bertanya melalui private message dan chat. Jika kamu baru di iTutor baiknya Pelajari Slide Cara Kerja iTutor.

//
Please enable JavaScript to view the comments powered by Disqus.

Info Lengkap: Cara Membuat Aplikasi Android: Contoh Aplikasi Android Game dan Memonetasinya
Andromeda Studio

Advertisements